Uncategorized

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

By February 19, 2019 No Comments

Terkadang seorang pemula memiliki banyak alasan kenapa ia tidak mampu belajar bahasa Inggris dengan cepat. Padahal bahasa Inggris termasuk bahasa yang mudah dipahami bila kita benar-benar belajar dengan giat. Kamu mungkin memiliki alasan tersendiri yang menjadi penyebab tidak kunjungnya kamu mahir berbahasa Inggris. Apa pun alasannya, hal tersebut harus disingkirkan karena siapa pun bisa berbahasa Inggris dengan lancar. Bila kamu sampai sekarang membutuhkan motivasi dalam belajar bahasa Inggris, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam belajar bahasa Inggris;

Jauhi kata ragu dan malu dalam diri

Kesalahan adalah hal yang wajar dilakukan saat kamu tengah belajar. Bahkan orang yang sudah mahir bahasa Inggris pun tidak luput dari kesalahan. Hal inilah yang harus menjadi pegangan kamu. Saat kamu mencoba untuk mempraktekkan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari dan melakukan kesalahan, santai saja. Jangan sampai hal tersebut membuat kamu kapok untuk praktik dan akhirnya bahasa Inggris yang kamu kuasai hanya teorinya saja.

Dekatkan diri dengan serial televisi berbahasa Inggris

Siapa yang tidak suka film? Kamu pasti sukan kan? Nah, kamu bisa memanfaatkan hobi kamu itu untuk belajar bahasa Inggris. Bagaimana caranya? Saat kamu menonton film berbahasa Inggris, hilangkan subtitle-nya. Hal ini sangat efektif untuk melatih pendengaran kamu. Film tidak hanya berisi audio, tapi juga visual sehingga bisa membantu kamu dalam mengartikan apa yang mereka katakan. Atau, kamu bisa menggunakan subtitle, hanya saja subtitle yang digunakan adalah subtitle bahasa Inggris, bukan Indonesia. Di sini, kamu bisa mendengarkan sambil membaca subtitle. Cara ini sangat bagus untuk membiasakan telinga kamu mendengarkan bahasa Inggris.

Baca Juga  3 Hal Yang Harus Anda Kuasai Agar Lulus Tes TOEFL dengan Skor Tinggi

Dengarkan lagu berbahasa Inggris yang enak didengar

Selain nonton film, mendengarkan lagu juga ternyata bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Saat mendengarkan lagu, secara tidak sadar kita bersenandung ria mengikuti alunan lagu. Nah, hafalkan liriknya dan ikuti cara penyanyi tersebut mengucapkan kata per katanya.

Biasakan tidak menerjemahkan dari kata per kata

Penerjemah yang buruk adalah mereka yang menerjemahkan sesuatu kata per kata. Hal tersebut akan menimbulkan terjemahan yang berbeda. Inggris dan Bahasa Indonesia memiliki susunan kalimat yang tidak sama, terutama untuk ujaran. Hal ini sering menimbulkan kesalahpahaman jika diterjemahkan kata per kata. Untuk itu akan lebih baik menerjemahkannya secara utuh, satu kalimat, dibandingkan kata per kata.

Baca Juga  4 Cara Asyik Belajar English Conversation yang Bisa Anda Coba

Hapus yang namanya mudah menyerah

Belajar sesuatu memerlukan proses, sehingga jangan risau bila kamu tidak kunjung menguasai bahasa Inggris. Bila metode belajar yang satu tidak efektif, maka kamu bisa mencoba metode belajar yang lain. Selain itu, kamu pun harus belajar secara rutin setiap hari. Kalau perlu mengikuti kursus bahasa Inggris untuk mendapatkan tutor dan partner mengobrol bahasa Inggris. Sering mengikuti kursus bahasa Inggris pun membuat kamu lebih mudah menemukan lingkungan yang berbalut bahasa Inggris.

Hal ini karena, beberapa tempat kursus bahasa Inggris mengharuskan muridnya untuk menggunakan bahasa Inggris saat di kelas atau bahkan di lingkungan tempat kursus. Ada juga tempat kursus yang mewajibkan muridnya untuk berbicara bahasa Inggris. Cara ini tentu sangat efektif. Meski awalnya terpaksa, lama kelamaan pasti akan terbiasa.

Salah satu tempat kursus bahasa Inggris yang memiliki metode pengajaran terbaik adalah ESQ. Tempat kursus yang satu ini sudah memiliki pengalaman luar biasa di bidang bahasa Inggris sehingga mengerti kesulitan setiap muridnya. Apakah kamu tertarik bergabung? Nah, untuk informasi lebih lanjut silakan klik di sini.

Leave a Reply