ArticlesartikelTipsTips Belajar Bahasa Inggris

Tips Belajar Bahasa Inggris Dengan Menguasai 16 Tenses

By January 25, 2019 No Comments

Kursus Bahasa Inggris 4

Belajar bahasa Inggris tentu tidaklah mudah dan memerlukan waktu yang cukup lama untuk menguasainya. Selain harus menghafal kosa kata dalam bahasa Inggris, Anda juga harus memahami aturan-aturan dalam membuat kalimat menggunakan tenses. Pada penggunaan tenses dalam bahasa Inggris, kata kerja suatu peristiwa ditentukan berdasarkan waktu sekarang, masa lalu, atau masa yang akan datang.

Selain itu, dalam tenses juga terdapat rumus yang berbeda-beda mengenai penggunaan kalimat positif, negatif, dan interogatif atau pertanyaan. Bagi Anda yang kurang memiliki kemampuan dalam bidang bahasa pasti akan merasa sulit dalam memahami seluruh tenses dalam bahasa Inggris.  Padahal tenses ini merupakah salah satu hal yang sangat penting untuk bisa menguasai bahasa Inggris.

Salah satu cara alternatif untuk memudahkan Anda dalam belajar bahasa Inggris adalah dengan mengunjungi tempat kursus bahasa Inggris.  Akan tetapi, terdapat cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat memahami tenses bahasa Inggris dengan mudah. Jika Anda penasaran, coba simak beberapa ulasan di bawah ini.

Memahami Dua Tenses Dasar

Perlu Anda ketahui jumlah tenses dalam bahasa Inggris secara keseluruhan adalah terdiri dari 16 tentes. Jika langsung mencoba memahami ke-16 tenses tersebut maka yang Anda peroleh bukanlah pemahaman akan tetapi malah kebingungan pada perbedaan setiap tenses. Oleh sebab itu, langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah mengelompokkan seluruh tenses menjadi tiga bagian.

Pada dasarnya, 16 tenses bahasa Inggris dikelompokkan berdasarkan waktu yang digunakan dalam kalimat apakah masa kini, masa lampau, atau masa depan. Dari ketiga perbedaan waktu tersebut yang sangat mudah dibandingkan untuk penggunaan kalimatnya adalah masa kini (present) dan masa lampu (past). Penggunaan kedua kalimat ini secara umum adalah sama namun yang membedakan hanyalah penggunaan kata kerja.

Baca Juga  Cara Belajar Bahasa Inggris yang Efektif dan Bisa Anda Coba

Jika menggunakan kalimat masa kini atau aktivitas sehari-hari, kata kerja yang Anda gunakan adalah kata kerja bentuk pertama, sebagai contoh yaitu we write. Sedangkan jika menggunakan masa lampau baik beberapa detik, menit, atau bertahun-tahun lalu maka kata kerja yang digunakan adalah kata kerja bentuk kedua. Jika contoh sebelumnya digunakan pada bentuk lampau, frasa tersebut akan berubah menjadi we wrote.

Memahami Future Tenses

Setelah dapat memahami perbedaan antara past dan present tenses, langkah selanjutnya adalah Anda harus memahami sisa tenses dasar yang belum Anda pelajari. Sedikit berbeda dengan masa kini dan masa lampau, pada kalimat future tenses sebelum kata kerja harus disertai dengan adanya kata kerja bantu. Kata kerja bantu atau Modal Auxiliary Verb tersebut adalah will yang diletakkan sebelum kata kerja bentuk pertama.

Memahami Keturunan Future Tenses

Kedua tahap diatas mungkin terlihat mudah dan remeh bagi Anda. Akan tetapi memahami kedua langkah diatas sangat penting untuk dapat membedakan konsep dasar dengan keturunan future tenses. Hal ini dikarenakan, future memiliki keturunan dari masing-masing kedua tenses dasar yang lebih rumit lagi untuk dipelajari. Keturunan tersebut tidak lain adalah present future dan past future.

Kedua keturunan tersebut tentu memiliki perbedaan yang dapat dikategorikan sesuai dengan waktu penggunaan, yaitu past dan present. Tidak sedikit diantara tempat kursus bahasa Inggris yang tidak membahas hal ini. Kebanyakan tempat kursus lebih memilih langsung memberikan materi untuk mempersingkat waktu. Akan tetapi hal ini mungkin akan menjadi kesulitan tersendiri bagi yang mengikuti kursus dalam memahami tenses.

Baca Juga  Cara Belajar Bahasa Inggris Lancar Dalam 2 Minggu

Memahami Penggolongan Tenses Secara Keseluruhan

Kedua keturunan dari future tenses memiliki kedudukan yang sama kuatnya dengan past dan present tenses. Hal ini dikarenakan kedua keturunan ini masih dapat dibagi menjadi beberapa bagian seperti halnya dengan dua tenses dasar yang tidak lain adalah past dan present. Penjelasan ini memberikan kesimpulan bahwa tenses dapat dikelompokkan menjadi empat bagian besar.

Kelompok tersebut terdiri dari past tenses, present tenses, past future tenses, serta present future tenses. Setelah itu, masing-masing kelompok besar ini memiliki empat turunan tenses. Keempat turunan dari kelompok besar tersebut terdiri dari simple, continuous, perfect, dan perferct continuous tense sehingga menghasilkan jumlah 16 tenses secara keseluruhan dalam bahasa Inggris.

Setelah mengetahui asal-usul dari 16 tenses bahasa Inggris diatas, Anda perlu mencari kursus bahasa Inggris untuk dapat memahami masing-masing tenses. Namun tidak perlu bingung untuk mencarinya, Anda dapat bergabung di tempat kursus bahasa Inggris ESQ Course. Cukup dengan mengunjungi link ini http://esqcourse.com/kursus-bahasa-Inggris/ Anda sudah dapat bergabung di tempat kursus kami.

Sangat mudah bukan? Jadi tunggu apa lagi? Segera kunjungi link kursus bahasa Inggris kami dan dapatkan penawaran menarik di tempat kursus ESQ Course.

Leave a Reply

1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by