Skip to main content
Articles

Apa itu Irregular Verbs? Simak Penjelasan & Contoh Lengkap!

By March 15, 2023March 31st, 2023No Comments

Apa itu irregular verbs? Irregular verbs merupakan kebalikan dari regular verbs dengan adanya penambahan d atau ed atau t pada V2 dan V3-nya. Jadi, jika melihat pengertian dari kata kerja beraturan apakah irregular verbs itu?

Pengertian Irregular Verbs

Kata irregular verbs berarti kata kerja yang tidak beraturan, sederhana sekali bukan? Akan tetapi, sayangnya mempelajari kata kerja irregular tidak sesimpel itu.

Hal ini karena bentuk kata kerja kedua dan ketiganya jauh dengan verbs awal. Apabila pada kata kerja beraturan mirip, misalnya kata memanggil maka V1 call, V2 called, dan V3 called, bentuk V2 dan V3 sama bukan?

Berbanding terbalik, untuk irregular verbs tidak semudah itu karena tidak berpola. Anda perlu menghafalkannya agar tahu apa bentuk verbs 2 dan verbs 3 dari kata kerja tersebut.

Contoh Irregular Verbs 

Di atas sudah disinggung bahwa irregular verbs bentuk V2 dan V3 berubah atau berbeda. Untuk lebih memahami akan hal ini ada beberapa contoh irregular verbs dari verbs 1 sampai 3 secara berurutan.

  • Bangun = Awake – Awoke – Awoken
  • Mulai = Begin – Began – Begun
  • Rusak = Break – Broke – Broken
  • Membeli = Buy – Bought – Bought
  • Memberi = Give – Gave – Given

Anda bisa memperhatikan dari contoh di atas jika kata kerja kedua dan ketiga berbeda dari pertama, bukan? Pada bagian belakang tidak sesimpel regular yang tinggal menambah d/et/ed.

Perbedaan Irregular Verbs dan Regular Verbs

Apakah dari penjelasan di atas sudah cukup memahami apa sebenarnya verbs tidak beraturan itu? Untuk menambah informasi dan pemahaman, ayo kita bandingkan keduanya dengan contoh kata kerja berikut:

  • Forget – Forgot – Forgotten
  • Add – Added – Added
  • Brush –  Brushed –  Brushed
  • Blow – Blew – Blown
  • Go – Went – Gone
  • Grab – Grabbed – Grabbed

Berdasarkan contoh di atas jelas bukan perbedaan antara irregular dan regular verbs? Verbs awal forget, blow, dan go merupakan kata kerja tidak beraturan karena bentuk verbs dua dan tiganya berubah. Sedangkan untuk add, brush, dan grab merupakan regular karena beraturan.

Apabila Anda butuh contoh pemakaian pada kalimat dan belajar lebih jauh, sebaiknya bergabung dengan lembaga kursus. Hal ini agar benar-benar menguasai dan juga belajar dengan lebih efisien. 

Kami ESQ Course akan membantu Anda menguasai berbagai keterampilan bahasa Inggris dengan lancar. Semua staff terbaik, model khusus, waktu fleksibel, dan lebih penting lagi kami menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Informasi lebih lanjut bisa langsung mengunjungi https://esqcourse.com/. Tersedia kursus untuk semua kalangan dari anak-anak, umum, dan bahkan korporasi dari level beginner. Sekarang, sudah mengerti apa itu irregular verbs bukan? Perbedaanya dengan kata kerja tidak beraturan beserta contohnya juga sudah tersedia, selamat belajar.