Skip to main content
Articles

Kegunaan Sertifikat TOEFL yang Diperlukan Banyak Kalangan

By March 20, 2023March 31st, 2023No Comments

Mungkin Anda sering mendengar dengan sebutan tes TOEFL, sertifikat TOEFL, bahkan mungkin tes TOEFL gratis.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara ringkas mengenai apa itu tes TOEFL, jenis tesnya dan apa kegunaan sertifikat TOEFL. 

Kegunaan Sertifikat TOEFL

TOEFL adalah akronim dari Test OF English as a Foreign Language. Singkatnya, tes ini adalah sebuah program khusus yang dapat mengukur kemampuan seseorang dalam memahami bahasa Inggris.

Tes ini memiliki tujuan yang beragam, namun umumnya kegunaan sertifikat TOEFL diperlukan untuk mereka yang ingin melanjutkan ke jenjang universitas bergengsi baik di dalam maupun luar negeri.

Karena TOEFL banyak berhubungan dengan dunia pendidikan, maka tesnya pun berisi pertanyaan seputar hal-hal yang berkaitan dengan itu.

Dengan menggunakan metode angka sebagai patokan nilai seseorang yang mengikuti tes TOEFL, maka semakin tinggi nilai tes yang seseorang dapatkan, maka ini artinya semakin baik juga pemahamannya terhadap bahasa Inggris.

Pembagian Tes TOEFL

Secara umum, tes TOEFL akan terbagi menjadi empat bagian dengan waktu beragam, mulai dari 2 hingga 4 jam.

Empat bagian tes ini termasuk pada: grammar structure, listening comprehension, writing dan reading comprehension. Nilai akhir dari keempat bagian ini dapat menilai kemampuan seseorang dalam memahami bahasa Inggris dengan akurat.

Grammar structure memerlukan seseorang untuk memahami kaidah susunan tata bahasa pada sebuah kalimat Listening comprehension akan menilai kemampuan seseorang dalam memahami sebuah konteks bahasa Inggris dengan mendengarkan.

Writing memerlukan pemahaman mendalam terhadap kemampuan seseorang dalam menulis bahasa Inggris. Sedangkan untuk reading comprehension, seseorang akan dinilai pemahamannya ketika membaca sebuah konteks dalam bahasa Inggris.

Setelah Anda mengetahui kegunaan sertifikat TOEFL dan pembagian nya, Anda dapat mengetahui level pemahaman Anda terhadap bahasa Inggris, dan juga mengetahui bagian mana yang dapat Anda tingkatkan sehingga level pemahaman bahasa Inggris Anda akan meningkat dengan pesat.

Jadi, jika Anda merupakan seseorang yang ingin mencari tahu tentang sejauh mana kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris, ESQ Course siap melayani Anda dengan program private course.