Test TOEFL

5 Tips Lulus Seleksi Beasiswa Luar Negeri yang Wajib Kamu Coba

By April 25, 2018 No Comments

ESQ Course Blog – Melanjutkan studi di luar negeri tentu sudah jadi cita-cita setiap orang. Sayangnya, masih banyak yang belum bisa mewujudkan mimpi tersebut karena berbagai faktor. Yang paling sering dijadikan alasan tentu saja masalah biaya.

Karena itu, kamu yang memang serius ingin kuliah di luar negeri tentu harus rajin-rajin mencari informasi seputar dana bantuan pendidikan. Sekarang ini, banyak kok yayasan atau lembaga pemerintahan yang menawarkan beasiswa untuk pelajar atau mahasiswa yang berprestasi.

Namun, untuk bisa mendapatkannya tentu tidak mudah karena sistem penyaringannya sangatlah ketat. Oleh sebab itu, kamu yang sedang mencari dana bantuan pendidikan untuk kuliah di luar negeri, simak yuk tips lulus seleksi beasiswa berikut ini.

1. Rajin Cari Informasi Beasiswa

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kalau kamu memang benar-benar ingin mendapatkan beasiswa tentu harus rajin mencari informasi pendaftaran terdekat.

Beasiswa ke luar negeri nggak cuma berasal dari LPDP saja kok. Kamu bisa mendapatkannya melalui Orange Tulip Scholarship, Thailand Scholarship, China AUN Scholarship, dan masih banyak lagi.

Baca Juga  4 Kunci Lulus Tes TOEFL dengan Skor yang Tinggi

2. Tingkatkan Prestasi Akademik atau Non-akademik

Memiliki prestasi baik di bidang akademik atau non-akademik tentu jadi poin plus tersendiri buat kamu yang ingin melamar beasiswa. Terkadang, jika sudah memiliki keduanya kamu tidak perlu melewati tahapan panjang lainnya karena sudah dianggap kompeten.

Kalau kamu bisa meningkatkan prestasi di bidang akademik dan non-akademik, impian untuk bisa kuliah di luar negeri tentu akan makin mudah tercapai deh.

3. Cermat Memilih Universitas dan Jurusan Kuliah

Pintar saja belum cukup. Kamu juga harus cermat dalam strategi memilih universitas dan jurusan kuliah. Ingat, saingan yang mendaftar beasiswa sangatlah banyak karena nggak cuma berasal dari Indonesia. Di antara universitas atau jurusan tersebut, pilih yang sedikit peminatnya sehingga peluang untuk lulus seleksi akan terbuka lebih lebar.

4. Cicil Kelengkapan Berkas dari Awal

Ada banyak banget persayaratan yang harus kamu lengkapi ketika melamar beasiswa. Kalau dipersiapkan secara dadakan, bukan tak mungkin salah satu berkas akan terselip atau tertinggal. Hasilnya, kamu jadi tidak bisa melewati tahap seleksi awal. Tentu sayang banget kan?  Oleh karena itu, sebaiknya cicil kelengkapan berkas dari awal atau tidak mepet dari tenggat akhir.

Baca Juga  Pendaftaran Beasiswa LPDP 2018 Sudah Dibuka, Yuk Segera Mendaftar!

5. Tingkatkan Skor TOEFL/IELTS

Tips lulus seleksi beasiswa yang satu ini tentu sudah kamu hapal di luar kepala. Betul banget! Punya skor TOEFL/IELTS yang tinggi memang sudah kewajiban untuk para pelamar beasiswa. Minimal skor yang dibutuhkan juga bisa mencapai 550 atau 6.5 lho.

Oleh sebab itu, selagi masih ada waktu kamu harus meningkatkan skor kemahiran bahasa Inggris tersebut. Selain belajar sendiri, kamu juga bisa mengejarnya melalui kursus bahasa Inggris program Preparation Test di ESQ Course.

Dengan mengikuti kursus bahasa Inggris Preparation Test di ESQ Course, kamu bisa belajar lebih mudah dan cepat. Sebab, pelajaran yang dibahas hanya materi yang kamu pilih untuk dipahami lebih dalam. Sehingga, waktu belajar terpakai dengan sangat fokus dan efektif.

Semoga tips lulus seleksi beasiswa ini bermanfaat ya, Sahabat ESQ!

 

Leave a Reply